smp juara picture

smp juara picture
Sekolah Unggulan Gratis Binaan Rumah Zakat

Jumat, 25 Januari 2013

Saat Beras sudah tidak bisa terbeli...


Tanggal 25 Januari bertepatan dengan hari Gizi Nasional, semoga momen ini menyadarkan kita betapa masih banyak warga di negeri kita tercinta ini yang mengalami Kondisi Gizi Buruk. Ibu Menteri Kesehatan Ri menyebutkan bahwa Indonesia berada pada peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia (menurut kabar dari Tempo Online). 
Menurut beliau saat itu (Januari 2012) ada sekitar 900 ribu balita mengalami kekurangan gizi atau sekitar 4,5 % jumlah balita di Indonesia.


Jika berbicara “Makan”, maka yang terlintas dalam benak kita adalah Nasi dengan lauk pauk dan sayur. Namun pernahkah terpikir bahwa suatu saat nasi akan sulit diperoleh, apakah karena harganya yang mahal atau karena berasnya yang sudah tidak ada lagi. Padahal bahan makanan pokok bukan hanya beras.







Menyambut Hari Gizi Nasional, Tanggal 24 Januari 2013, SMP Juara Bandung menggelar kegiatan Lomba memasak menu makanan dengan bahan makanan pokok non beras. Setiap kelas bekerjasama membuat satu menu makanan terdiri dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup dengan tanpa mengguanakan beras atau bahan olahan dari beras.




Hasilnya luar biasa.... Setiap kelas berlomba membuat menu makanan yang beragam. Bahkan sebagian diantaranya cukup membuat Bapak/Ibu Guru terkesima karena keunikan dan kelezatannya. Contohnya ada Kue Ubi Ungu buatan kelas Al Fida. Mak Nyooos (kata Pa Bondan)
Beberapa orang tua ada ikut support memberikan dukungan dan bimbingan kepada putra-putrinya. Setiap kelas mempersiapkan bahan, juga peralatannya yang dibawa dari rumah, lalu bersama-sama memasaknya di sekolah.




Tepat pukul 14.30 para juri (Pa Judi, Bu Irma, Pa Mustofa dan Bu Neneng) berkeliling melakukan penilaian. Walau deg degan menunggu hasil penilaian. Tapi saya bangga karena semua kelas sudah bisa menghasilkan menu makanan dengan bahan makanan pokok non beras seperti yang ditugaskan. Semoga ini berarti kita lebih siap jikapun ada komndisi beras sudah langka atau tidak terjangkau lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar